PAUD Cempaka – Day 3 “Body”

 

RABU, 29 MARET 2017. Merupakan pertemuan ketiga yang kelompok kami lakukan di PAUD Cempaka. Di pertemuan yang ketiga ini, kami mengajarkan anak-anak mengenai anggota tubuh dengan Bahasa Indonesia dan juga Bahasa Inggrisnya.

 

Sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, kami mengikuti kegiatan yang biasa dilakukan di PAUD itu yaitu senam pagi. Selesai senam pagi, kami mulai masuk ke kelas bersama dengan anak-anak. Sebelum memulai kelas, diawali juga dengan doa pembukaan.

Selanjutnya, kami mulai mengajar. Kami memberi tahu materi yang akan kita berikan kepada mereka yaitu tentang aggota tubuh. Kami mengawali materi itu dengan menyanyi lagu Kepala Pundak Lutut Kaki. Mengulang lagu sebanyak 3x dengan Bahasa Indonesia agar mereka mengingat bagian-bagian tersebut. Setelah itu kami menggunakan poster untuk menunjuk bagian-bagian tubuh agar lebih menarik perhatian anak-anak. Supaya juga mereka tidak bosan kita bertanya mengetes ingatan mereka terhadap anggota tubuh yang sudah kami tunjukkan. Ketika mereka sudah ingat kami mulai memberi tahu mereka Bahasa inggris dari anggota tubuh tersebut, tetapi kami belum memaksakan mereka untuk menghafalkan Bahasa inggrisnya, karena memang mereka masih belum diajarkan Bahasa inggris, tapi setidaknya mereka sudah bisa melafalkannya.

Setelah selesai menerangkan anggota-anggota tubuh, kami mulai menyanyikan lagi lagu Kepala Pundak Lutut Kaki, dan bermain tebak-tebakan dengan mereka. Tiba saatnya mereka harus istirahat, di waktu istirahat mereka diberi kesempatan untuk bisa makan dan minum. Sebelum makan dan minum mereka diperbiasakan untuk berdoa terlebih dahulu. Selesai mereka makan dan minum mereka masih ada sedikit waktu untuk bermain diluar kelas, kami juga ikut bermain dengan mereka.

Hanya 30 menit watu mereka istirahat, selesai itu kembali ke kelas. Kami melakukan sedikit cakap-cakap dengan anak-anak menanyakan apa mereka sudah kenyang dan masih bersemangat. Sebelum mengulang bahan ajar, kami melakukan tepuk semangat yang merupakan bagian dari yel-yel anak-anak di PAUD Cempaka. Kami melakukan gerakan-gerakan yang berhubungan dengan anggota tubuh yang kami ajarkan sebelumnya, agar mereka lebih mengingat, dan melakukan tebak-tebakan lagi terhadap gambar anggota tubuh.

Tidak terasa waktu mengajar setelah jam istirahat sudah selesai. Kami membantu anak-anak membereskan bawaan mereka. Kemudian melakukan lagi yel-yel mereka. Sebelum pulang kita juga melakukan doa penutup dan selesai berdoa mereka melakukan salim kepada guru mereka dan juga kepada kami yang mengajar. Setelah anak-anak keluar dari kelas untuk pulang, kami juga pamitan kepada pihak sekolah karena kegiatan mengajar kami di pertemuan ketiga sudah selesai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *