PAUD Cempaka – Day 5 “Let’s Count”

“Let’s Count”

Kamis, 20 AprilĀ 2017. Ini merupakan pertemuan kami yang terakhir dengan adik-adik yang di PAUD Cempaka dalam rangka melakukan projek Character Building: Pancasila. Seperti biasanya, kami sudah berada di PAUD sebelum kegiatan belajar-mengajar dimulai. Kegiatan selalu kami mulai dengan doa yang dipimpin oleh Bu Hilda selaku guru yang sedang bertugas. Ada seorang siswa baru yang mengikuti kelompok bermain tersebut. Setelah selesai berdoa, kami berkenalan dengan anak-anak yang hadir dan mengajak anak-anak itu berkenalan dengan siswa baru tersebut yang bernama Joseph.

 

Sesi berkenalan sudah usai, kami melakukan tepuk semangat dan tepukan atau sorakan yang dapat menstimulai anak-anak untuk menjadi lebih semangat dalam mengikuti kegiatan yang telah kami siapkan. Pada hari itu kami menyiapkan media pembelajaran yang berisi angka 1-10 dengan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kami melakukan tanya-jawab ringan seputar angka, seperti dengan menunjuk angka 8 dan menanyakan pada anak-anak, angka itu disebut apa. Setelah dirasakan cukup, kami mulai mengajarkan bahasa inggris angka 1-10.

Bu Hilda juga membantu menyiapkan media pembelajaran seperti balok yang dapat gunakan untuk menghitung tambah dan kurang. Sebelum masuk ke sesi berhitung, anak-anak melakukan istirakat terlebih dahulu dengan minum dan makan bekal yang telah orang tua mereka siapkan. Setelah selesai waktu istirahatnya, kelas kembali dimulai. Anak-anak juga menunjukkan sikap antuasias mereka dengan menjawab pertanyaan yang kami ajukan dengan cepat dan lantang.

Tak terasa, waktu pembelajaran sudah berakhir. Kami menutup kegiatan belajar-mengajar dengan doa dan melakukan foto bersama. Karena ini adalah pertemuan terakhir, kami memberikan hadiah bagi anak-anak tersebut berupa buku gambar. Kami memberikan hadiah ini dengan harapan anak-anak tersebut dapat meluapkan ekspresi dan mengasah kreativftas mereka. Tak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bu Hilda selaku kepala sekolah dan guru di PAUD Cempaka tempat kami mengajar. Setelah itu kami pamit dan mengahiri kegiatan projek ini.

Setiap ada pertemuan ada perpisahan. Walaupun pada awalnya kami melakukan kegiatan belajar mengajar ini hanya semata-mata untuk memenuhi kewajiban dan melaksanakan projek, namun sejak pertemuan pertama dengan Bu Hilda dan pertemuan kedua tepatnya kami bertemu dengan anak-anak kelompok bermain PAUD Cempaka. Kami menyadari bahwa hal ini membawa kesenangan tersendiri bagi kami. Kami merasa jiwa sosial untuk saling peduli terhadap sesama semakin terbangun dan nilai pancasila semakin dapat kami amalkan dengan baik.

Anak” PAUD Cempaka juga sangat bersemangat dan ceria, apalagi di pertemuan terakhir ini, karena sudah mengenal kami melalui pertemuan-pertemuan sebelumnya, mereka menjadi lebih antusias untuj mendengarkan materi yang kami berikan. Hal ini membuat kami sebagai guru sementara merasa sangat senang dan dihargai. Ini dapat menjadi pelajaran bagi kami agar lebih menghargai orang yang sedang mengajar atau berbicara, karena dengan bersikap demikian kita dapat merasakan efek positif untuk kedepannnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *